pengertian iklan adalah

Iklan adalah – Pengertian, Tujuan, dan Jenisnya

Iklan adalah sesuatu yang tidak pernah terlepas dari kehidupan kita. Iklan memberikan berbagai jenis pengetahuan mengenai suatu produk atau jasa.

Bahkan hanya memberikan sebuah informasi saja. 

Ya, iklan biasa ditemukan di mana saja.

Namun, secara teori ada beberapa hal yang perlu Anda ketahui mengenai iklan itu sendiri yaitu pengertiannya, tujuan, dan juga jenis-jenisnya.

Pengertian Iklan

Hal pertama yang akan kita bahas adalah mengenai pengertian iklan itu sendiri. Iklan adalah suatu informasi yang dibuat dengan sangat menarik sehingga membuat orang lain yang mendengar atau melihatnya bisa tertarik.

Iklan sering kali digunakan untuk promosi produk atau jasa agar masyarakat mau membeli atau menggunakannya.

Iklan juga sering ditemui di mana saja, baik di internet, televisi, bahkan di jalanan kota menggunakan baliho.

Iklan adalah sesuatu yang sangat penting bagi perusahaan untuk menarik para pelanggan. Iklan menjadi ujung tombak dari lakunya suatu produk atau jasa.

Tujuan Iklan

Setelah mengetahui pengertian iklan, maka selanjutnya kita akan membahas mengenai tujuan iklan itu sendiri. Tujuan iklan adalah sebagai berikut:

1. Memberi Informasi (Informing)

Tujuan yang pertama dan yang paling utama dari Iklan adalah untuk memberikan suatu informasi.

Iklan berisi tentang berbagai informasi baik itu untuk berjualan maupun hanya untuk pemberitahuan saja. 

Iklan bisa berisi informasi mengenai suatu produk, jasa, cara kerja suatu alat, suatu perusahaan, informasi suatu karya seni, dan lain sebagainya.

Intinya, dengan iklan itu masyarakat bisa tahu apa yang ingin disampaikan oleh pengiklan.

2. Membujuk Orang Lain (Persuading)

Selain untuk memberikan informasi, iklan juga bertujuan untuk membujuk orang lain untuk melakukan sesuatu.

Iklan bertujuan untuk membuat orang melakukan sesuatu yang menjadi tujuannya.

Misalnya, iklan membujuk masyarakat untuk membeli produk atau menggunakan suatu jenis jasa.

Tak hanya yang berkaitan dengan komersial saja, iklan juga sering digunakan untuk membujuk masyarakat untuk melakukan beberapa hal seperti iklan layanan masyarakat untuk melakukan vaksinasi COVID-19.

3. Mengingatkan untuk Melakukan Sesuatu (Reminding)

Selain digunakan untuk memberikan informasi dan juga membujuk orang lain, iklan juga bertujuan untuk mengingatkan orang lain untuk melakukan sesuatu.

Misalnya adalah mengingatkan konsumen bahwa produk yang Anda jual tidak menggunakan bahan-bahan yang berbahaya.

Iklan juga sering kali digunakan untuk layanan masyarakat untuk mengingatkan masyarakat untuk melakukan sesuatu.

Misalnya selalu mengingatkan untuk menjalankan 3M yaitu Memakai masker, Mencuci tangan, dan Menjaga jarak.

4. Menambahkan Nilai (Adding Value)

Tak hanya itu saja, iklan nyatanya juga dapat menambahkan suatu nilai barang atau jasa.

Iklan dibuat dengan kreativitas dan juga inovasi agar bisa mengubah suatu persepsi masyarakat agar tertarik menggunakan produk atau jasa yang Anda tawarkan.

Dengan kualitas iklan yang baik nyatanya akan membuat pelanggan menjadi lebih senang dan juga lebih tertarik dengan apa yang ditawarkan oleh iklan tersebut.

Hal ini menandakan iklan bisa menambah nilai.

Jenis-Jenis Iklan

Kemudian, selain pengertian mengenai iklan dan tujuannya di bawah ini akan dijelaskan mengenai jenisnya. Jenis-jenis iklan adalah seperti berikut:

1. Berdasarkan Tujuannya

Berdasarkan tujuannya,  iklan dibagi menjadi komersial dan non komersial. Penjelasannya sebagai berikut:

a. Iklan Komersial

Iklan komersial adalah iklan yang digunakan untuk mencari keuntungan. Iklan yang satu ini biasanya digunakan untuk perusahaan bisnis yang ingin mencari pelanggan.

Perusahaan akan menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat sehingga mereka akan membeli atau membayar jasa yang ditawarkan.

b. Iklan Non Komersial

Iklan non komersial adalah iklan yang tidak bertujuan untuk mendapatkan uang.

Iklan tersebut biasanya digunakan untuk lingkup pemerintahan yang ingin melakukan edukasi terhadap masyarakat. 

Ya, mereka tidak mencari keuntungan dari penayangan iklan tersebut melainkan memang tujuannya untuk memberikan informasi yang bermanfaat dan wawasan bagi masyarakat pada umumnya.

2. Berdasarkan Sifatnya

Berdasarkan sifatnya, iklan dibagi menjadi empat jenis yaitu sebagai berikut:

Iklan Penawaran atau Niaga

Pertama yaitu iklan penawaran atau iklan niaga. Iklan penawaran tentu tujuannya adalah untuk menawarkan sesuatu. Iklan ini sering kali digunakan oleh pelaku bisnis.

Iklan ini digunakan untuk menawarkan produk atau jasa kepada masyarakat sehingga orang tertarik.

Setelah tertarik, mereka akan membayar untuk mendapatkan apa yang ditawarkan.

Iklan Permintaan

Selain untuk penawaran atau niaga, iklan juga digunakan untuk memberikan informasi yang meminta orang lain melakukan apa yang diiklankan tersebut.

Contohnya adalah iklan lowongan kerja, dalam iklan tersebut ada permintaan khusus bagi para masyarakat uang ingin melamar pekerjaan.

Iklan Pelayanan Masyarakat

Kemudian, ada iklan pelayanan masyarakat yang sering kali dilakukan oleh lembaga pemerintahan untuk memberikan informasi kepada masyarakat. 

Iklan layanan masyarakat ini bertujuan untuk membahas suatu topik tertentu, misalnya iklan kesehatan (contoh: gerakan 3M), iklan nasional (contoh: Pemilu), dan lain sebagainya.

Iklan Pengumuman

Terakhir, ada iklan pengumuman yang mana iklan ini hanya untuk memberikan suatu informasi. Target dari iklan ini adalah beberapa kelompok masyarakat saja.

Misalnya adalah iklan suatu konser dangdut, iklan konser suatu penyanyi, dan lain sebagainya.

3. Berdasarkan Media yang Digunakan

Jika berdasarkan media yang digunakan, iklan dibagi menjadi dua, yaitu sebagai berikut:

Iklan Elektronik

Pertama, iklan bisa menggunakan media elektronik. Iklan seperti ini menggunakan media elektronik seperti televisi, internet, radio, dan lain sebagainya. Iklan ini tidak bisa Anda pegang namun bisa didengar maupun bisa dilihat saja.

Iklan Media Cetak

Kemudian, yang kedua adalah iklan media cetak. Iklan yang satu ini menggunakan percetakan atau memiliki bentuk fisik. Misalnya saja adalah iklan di koran, baliho, poster, selebaran, majalah, dan lain sebagainya.

4. Berdasarkan Bentuknya

Jika berdasarkan bentuknya, saat ini iklan 4 jenis, yaitu sebagai berikut:

Tulisan

Pertama adalah iklan tulisan. Iklan yang satu ini mengandalkan tulisan saja untuk menarik pelanggan. Tulisan pada iklan adalah kalimat persuasif yang sering diletakkan pada media cetak berupa koran.

Gambar

Selain berupa tulisan, iklan juga bisa dalam bentuk gambar. Gambar yang dimaksud adalah iklan adalah bermacam-macam. Iklan gambar bisa dalam bentuk suatu karakter, lukisan, atau lainnya.

Video

Iklan juga bisa dibuat dengan menggunakan video. Iklan yang satu ini memang sudah diakui banyak orang mudah dipahami sehingga banyak digunakan. Iklan video bisa di televisi maupun di internet.

Suara

Terakhir adalah iklan suara. Suara pada iklan adalah suara yang membuat orang tertarik dengan kalimat persuasif. Biasanya dilakukan melalui radio.

Baca Juga:

Penutup

Itu dia penjelasan mengenai pengertian iklan, tujuan, dan juga jenis-jenisnya. Kini, Anda bisa menjelaskan kepada orang lain mengenai pengertian iklan adalah apa sehingga akan lebih bermanfaat lagi.

Semoga informasi di atas dapat bermanfaat bagi Anda yang membacanya saat ini.

Shares
Scroll to Top